BADAI SANDY

TUGAS

AGROKLIMATOLOGI

Penyebab Badai Sandy

Oleh

                                       Nama                      Novia Anjani

                               NIM                        D1B011027

                               Kelas                      “D” Agribisnis

AGRIBISNIS

FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS JAMBI

2012

Penyebab Badai Sandy

Badai Sandy yang kini melumpuhkan New York dan New Jersey memang cuma dimasukkan sebagai kategori 1, namun dampak yang cukup signifikan. Banjir hingga kini melanda New York, tanggul di New jersey. Badai topan Sandy juga mengakibatkan dampak yang sangat besar bagi warga Amerika Serikat. Aliran listrik pun ikut terputus akibat terjangan badai dahsyat ini. Diberitakan oleh AFP melalui Detik.com, Rabu, 31 Oktober 2012, kini 6,9 juta jiwa penduduk Amerika yang tersebar di 15 negara bagian dan District of Columbia tengah hidup tanpa listrik.

Beberapa pihak berpendapat, badai yang “membunuh” lebih dari 40 orang itu terjadi karena efek dari perubahan iklim. Namun, ketika datang badai tropis, para ahli mengatakan tidak dapat memberi jawaban hitam atau putih mengenai isu kompleks dalam meteorologi. Badai tropis sendiri terjadi karena dorongan temperatur di permukaan laut yang meningkatkan temperatur samudra diketahui sebagai siklon topan dan badai dapat meningkat dan menjadi tak terkendali. Para ahli memberikan prediksi yang samar mengenai apa yang akan terjadi di abad ini, ketika suhu permukaan diperkirakan meningkat 2 sampai 3 derajat celcius.

“Ada sejumlah bukti menunjukan bahwa dengan perubahan iklim kita dapat melihat kecepatan angin yang kuat tetapi jumlah keseluruhan siklon tropis (akan menunjukan) tidak adanya perubahan atau mungkin turun sedikit,” ujar kepala perubahan iklim di Britain’s Overseas Development Institute.

Sementara itu, Kepala Penelitian Iklim pada Prakiraan Cuaca di layanan Meteo France, Serge Planton menjelaskan mengapa keterkaitan perubahan iklim dengan badai menjadi sulit dipastikan. Sebuah topan tidak hanya tergantung pada suhu permukaan laut, tetapi juga pada struktur angin di setiap lapisan atmosfer dan tidak merespon secara sederhana terhadap perubahan iklim.

Ilmuwan cuaca, iklim dan astronomi berpendapat bahwa salah satu yang menyebabkan badai Sandy tak biasa adalah Purnama yang terjadi Senin (29/10/2012) malam. Purnama dianggap memperburuk dampak badai Sandy.

National Geographic, Senin, memberitakan bahwa saat purnama, Bulan, Bumi dan Matahari berada di satu garis. ‘Baik Matahari dan Bulan menarik Bumi,” kata  Rick Luettich, direktur Institute of Marine Science, University of North Carolina. Akibat hal tersebut, terjadi pasang yang berbeda dengan pasang di waktu lain dalam bulan yang sama. Pasang yang terjadi dikenal dengan pasang purnama. Gelombang akibat pasang ini bisa lebih tinggi dibanding pasang biasanya.

Dalam kasus badai Sandy, pasang yang diakibatkan purnama memperburuk dampak banjir akibat air laut. Pasang purnama dianggap sebagai salah satu yang berkontribusi pada banjir yang terjadi sejak Senin malam. Meski demikian, tidak dinyatakan seberapa besar efek purnama pada dampak badai Sandy.

Ada faktor lain yang menyebabkan dampak badai Sandy di AS lebih buruk. Salah satu faktor itu adalah sistem tekanan rendah yang ada di Kanada. Sistem ini menghalangi badai bergerak terus ke utara. Dilaporkan National Geographic, akibat sistem itu, badai berbelok ke kiri. Faktor lain ialah arus udara dengan arah gerak yang di luar biasanya. Di Amerika Serikat, biasa dikenal arus udara yang dikenal jet stream yang bergerak dari barat ke timur. Namun, kali ini, jet stream bergerak dari tenggara ke barat laut.

Joe Picca, meteorolog dari National weather Service Forecast Office di New York mengungkapkan bahwa jet stream ini dapat memperkuat badai Sandy. Jet stream akan membentuk ruang vakum di atas badai, membuat udara dalam badai mengisi ruang itu dan akhirnya memperkuat badai.

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2012/10/31/56/711484/redirect

http://sains.kompas.com/read/2012/10/30/19420889/Purnama.Dianggap.Memperburuk.Dampak.Badai.Sandy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: